siapa tau apa saja ciri – ciri diferensiasi sosial?

saya sebagai pelajar yang baik akan sedikit membagi ilmu yang telah saya dapatkan kepada kalian semua. ilmu ini saya dapatkan saat ini. tepatnya saya duduk di kelas XI IPS 1.

ciri – ciri diferensiasi sosial itu ada 3:

1. ciri fisik

2. ciri sosial

3. ciri budaya

sebelum saya menjeleskan 3 ciri – ciri di atas. saya akan menerangkan dulu apa itu diferensiasi sosial? diferensiasi sosial adalah perbedaan di dunia masyarakat (sosial). jadi ciri – ciri diferensiasi sosial itu adalah sebuahperbedaan di masyarakat yang berciri – ciri sesuai dengan kriterianya.

1. ciri fisik

kalian tau bukan? bahwa di dunia ini banyak sekali ras. ras yaitu penggolongan manusia atas dasar persamaan ciri – ciri fisik yang tampak dari luar, seperti warna dan bentuk rambut, warna kulit, tinggi badan, jenis kelamin dan seterusnya. terkadang perbedaan ini menimbulkan konflik antara ras yang satu dengan ras yang lain.

2. ciri sosial

hal ini berkaitan dengan sebuah jabatan atau profesi yang sedang di jalani oleh masyarakat. biasa ciri – ciri ini berupa perbedaan antara orang yang satu dengan yang lain di tinjau dari segi sosialnya (tidak murni bawaan dari lahir). contohnya : seorang guru dengan seorang tukang bangunan (kuli). jika di pandang dari segi sosial maka guru derajatnya lebih rendah, banyak yang menghormati mereka. padahal kalau di tinjau dari segi penghasilan, antara guru dan kuli lebih banyak kuli. coba hitung saja. guru di hitung perjam anggaplah saja perjam 10.000. dalam sebulan dia hanya mengajar 30 jam pelajaran. hasilnya adalah 300.000. di banding dengan kuli yang gajinya di hitung satu hari 20.000 jika di kali dengan sebulan maka hasilnya adalah 600.00 bukan? ini menjawab bahwa sebenernya kita tidak boleh membedakan seseorang dari segi pekerjaan.

3. ciri budaya

jika kita melihat perbedaan dari ciri budaya, maka sering sekali kita jumpai kebanyakan orang cenderung memcedakan antara yang satu dengan yang lain. antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain. antara negara yang satu dengan negara yang lain.

sekian penjelesan tentang materi diferensiasi sosial yang bisa saya jelaskan. semoga bermanfaat.

Facebook Comments